ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Selanjutnya ada menu-menu yang.. hmm, mungkin terasa asing di telinga kita. Ada dua yang akan aku bahas, apa aja ya kira-kira?
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Meskipun kurang umum kita temui di Indonesia, ada juga menu kopi yang namanya ristretto. Ristretto ini sebenarnya masih termasuk kopi hitam, tapi berbeda dengan americano karena menggunakan air yang lebih sedikit. Namanya sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti โterbatasโ. Karena volumenya cuma sekitar setengah espresso, ristretto sering disebut half espresso. Hasilnya, rasanya jadi lebih pekat, manis, dengan aftertaste yang lebih singkat.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Selain ristretto, ada lagi yang namanya Cortado. Cortado adalah jenis kopi yang berasal dari Spanyol dan memiliki arti โmemotongโ. Terbuat dari campuran espresso dan juga susu hangat dengan perbandingan 1:1, cortado sering disebut memiliki rasa yang mirip dengan macchiato.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Sebenarnya jenis kopi ini banyak dan cukup unik-unik ya, jadi penasaran jangan-jangan Indonesia punya variannya sendiri, tapi nggak viral aja.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Selanjutnya ada menu-menu yang.. hmm, mungkin terasa asing di telinga kita. Ada dua yang akan aku bahas, apa aja ya kira-kira?
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Meskipun kurang umum kita temui di Indonesia, ada juga menu kopi yang namanya ristretto. Ristretto ini sebenarnya masih termasuk kopi hitam, tapi berbeda dengan americano karena menggunakan air yang lebih sedikit. Namanya sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti โterbatasโ. Karena volumenya cuma sekitar setengah espresso, ristretto sering disebut half espresso. Hasilnya, rasanya jadi lebih pekat, manis, dengan aftertaste yang lebih singkat.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Selain ristretto, ada lagi yang namanya Cortado. Cortado adalah jenis kopi yang berasal dari Spanyol dan memiliki arti โmemotongโ. Terbuat dari campuran espresso dan juga susu hangat dengan perbandingan 1:1, cortado sering disebut memiliki rasa yang mirip dengan macchiato.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Sebenarnya jenis kopi ini banyak dan cukup unik-unik ya, jadi penasaran jangan-jangan Indonesia punya variannya sendiri, tapi nggak viral aja.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Bisa jadi banget, Heine! Indonesia juga sebenarnya punya banyak kreasi kopi yang unik dan gaa kalah menarik. Sayangnya, ga semuanya cukup dikenal atau sering kita temui.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, karena tadi kita udah kenalan sama beberapa varian yang mungkin masih terdengar asing, sekarang kita balik lagi ke menu populer, ayo kita kenalan sama Frappe! Minuman ini berasal dari Yunani dan biasanya dibuat dari kopi instan, gula, air, dan es batu. Menariknya, frappe pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios pada tahun 1957. Udah lama banget tuh ya?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Sama-sama dari huruf F, selanjutnya ada flat white. Varian kopi ini yang berasal dari Australia dan Selandia Baru sekitar tahun 1980-an. Minuman ini merupakan perpaduan kopi dan susu, dengan susu yang lebih banyak dibanding caffe latte dan tanpa foam. Rasanya sendiri lebih kuat dari latte, tapi tetap lebih lembut dibanding cappuccino. Mungkin mirip menu tengah-tengah antara cappuccino dan caffe latte kali ya?
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Bisa jadi banget, Heine! Indonesia juga sebenarnya punya banyak kreasi kopi yang unik dan gaa kalah menarik. Sayangnya, ga semuanya cukup dikenal atau sering kita temui.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, karena tadi kita udah kenalan sama beberapa varian yang mungkin masih terdengar asing, sekarang kita balik lagi ke menu populer, ayo kita kenalan sama Frappe! Minuman ini berasal dari Yunani dan biasanya dibuat dari kopi instan, gula, air, dan es batu. Menariknya, frappe pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios pada tahun 1957. Udah lama banget tuh ya?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Sama-sama dari huruf F, selanjutnya ada flat white. Varian kopi ini yang berasal dari Australia dan Selandia Baru sekitar tahun 1980-an. Minuman ini merupakan perpaduan kopi dan susu, dengan susu yang lebih banyak dibanding caffe latte dan tanpa foam. Rasanya sendiri lebih kuat dari latte, tapi tetap lebih lembut dibanding cappuccino. Mungkin mirip menu tengah-tengah antara cappuccino dan caffe latte kali ya?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Bisa jadi nih, Ges. Aku pernah coba icip Flat White, dibilang pahit sih pahit, tapi agak creamy juga ternyata.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Terakhir, kalau kurang suka kopi yang terlalu asam atau pahit, ada cold brew. Kopi ini dibuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan air dingin, lalu didiamkan sekitar 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Karena prosesnya menggunakan air dingin dan waktu yang cukup lama, rasa cold brew cenderung lebih smooth dan nggak terlalu asam maupun pahit.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Ternyata varian kopi tuh banyak banget ya. Biasanya kalau ke coffee shop, kalian lebih sering beli kopi yang mana, guys?
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Bisa jadi nih, Ges. Aku pernah coba icip Flat White, dibilang pahit sih pahit, tapi agak creamy juga ternyata.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Terakhir, kalau kurang suka kopi yang terlalu asam atau pahit, ada cold brew. Kopi ini dibuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan air dingin, lalu didiamkan sekitar 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Karena prosesnya menggunakan air dingin dan waktu yang cukup lama, rasa cold brew cenderung lebih smooth dan nggak terlalu asam maupun pahit.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Ternyata varian kopi tuh banyak banget ya. Biasanya kalau ke coffee shop, kalian lebih sering beli kopi yang mana, guys?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Kalau aku sii sudah jelas matcha coffee, intinya semuanya aku matchakan๐ ๐
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ gaa kerasa yaa, pembahasan kita tentang kopi akhirnya selesai juga nihh! Jadi, sekarang udah pada gaa penasaran lagi kann, sebenarnya gimana sih proses kopi sampai akhirnya bisa ada di cangkir kita?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, karena pembahasan kita sudah selesai, sekarang kita bakal masuk ke quiz session! Yeyy, siapa nih yang dari tadi udah nyimak dan nungguin sesi ini?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Kuisnya gampang kok, pertanyaannya juga masih seputar kopi. Jadi, coba diingat-ingat lagi pembahasan yang tadi udah kita obrolin yaa. Buat kalian yang tahu jawabannya, langsung aja jawab di comment section. Jawaban yang paling gercep dan tepat bakal dapet suprise nantinyaa! Kalau gitu, yuk kita mulai kuisnyaa, siap-siap yaa.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Kalau aku sii sudah jelas matcha coffee, intinya semuanya aku matchakan
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ gaa kerasa yaa, pembahasan kita tentang kopi akhirnya selesai juga nihh! Jadi, sekarang udah pada gaa penasaran lagi kann, sebenarnya gimana sih proses kopi sampai akhirnya bisa ada di cangkir kita?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, karena pembahasan kita sudah selesai, sekarang kita bakal masuk ke quiz session! Yeyy, siapa nih yang dari tadi udah nyimak dan nungguin sesi ini?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Kuisnya gampang kok, pertanyaannya juga masih seputar kopi. Jadi, coba diingat-ingat lagi pembahasan yang tadi udah kita obrolin yaa. Buat kalian yang tahu jawabannya, langsung aja jawab di comment section. Jawaban yang paling gercep dan tepat bakal dapet suprise nantinyaa! Kalau gitu, yuk kita mulai kuisnyaa, siap-siap yaa.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
โ ๐ค๐จ๐๐ฆ๐ง๐๐ข๐ก โ1
Jenis biji kopi apa yang dikenal memiliki rasa kompleks, fruity, aroma floral, serta kadar kafein yang lebih rendah?
A. Robusta
B. Liberika
C. Arabika
D. Excelsa
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โ ๐ค๐จ๐๐ฆ๐ง๐๐ข๐ก โ2
Jenis biji kopi apa yang penggunaannya lebih sering untuk memberikan depth flavour dalam blend?
A. Arabika
B. Robusta
C. Liberika
D. Excelsa
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โ ๐ค๐จ๐๐ฆ๐ง๐๐ข๐ก โ3
Apa saja dua jenis Macchiato yang umum dikenal?
A. Cappuccino Macchiato dan Caffe Macchiato
B. Latte Macchiato dan Espresso Macchiato
C. Vanilla Macchiato dan Caramel Macchiato
D. Milk Macchiato dan Cream Macchiato
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โ ๐ค๐จ๐๐ฆ๐ง๐๐ข๐ก โ4
Apa perbedaan utama antara Cappuccino dan Caffe Latte?
A. Cappuccino lebih milky, sedangkan Caffe Latte lebih pekat
B. Cappuccino menggunakan es krim, sedangkan Caffe Latte menggunakan susu
C. Cappuccino lebih pekat dengan busa susu lebih tebal, sedangkan Caffe Latte lebih milky dengan busa susu lebih tipis
D. Cappuccino hanya menggunakan susu, sedangkan Caffe Latte hanya menggunakan espresso
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โ ๐ค๐จ๐๐ฆ๐ง๐๐ข๐ก โ5
Dari pilihan dibawah ini manakah cara penyebutan Macchiato yang paling tepat?
A. Ma-khi-a-to
B. Ma-ci-a-to
C. Ma-sya-to
D. Ma-chi-a-to
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Wahh, udah pada jago yaa soal kopi-kopian! Jawabannya ternyata banyak yang tepat nihh๐ ๐ Seru juga lihat antusias kalian waktu ikutan quiz tadi.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Namun, karena waktunya juga sudah semakin larut dan sesi podcast kita hari ini sudah selesai, aku Gestara dan Heine izin pamit dan mengakhiri podcast kita malam ini yaa. Senang banget bisa ngobrol dan nemenin weekend kalian kali ini.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Terimakasih banyak untuk yang sudah nemenin kita dari awal sampai akhir, dan buat yang berhasil menang quiz, selamat yaa. Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya. Good night, everyone, and have a great weekend!๐ ๐
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Wahh, udah pada jago yaa soal kopi-kopian! Jawabannya ternyata banyak yang tepat nihh
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Namun, karena waktunya juga sudah semakin larut dan sesi podcast kita hari ini sudah selesai, aku Gestara dan Heine izin pamit dan mengakhiri podcast kita malam ini yaa. Senang banget bisa ngobrol dan nemenin weekend kalian kali ini.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Terimakasih banyak untuk yang sudah nemenin kita dari awal sampai akhir, dan buat yang berhasil menang quiz, selamat yaa. Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya. Good night, everyone, and have a great weekend!
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค3