๐—ฆ๐—–๐—ก๐—ฅ: Station 111
210 subscribers
884 photos
186 videos
10 files
129 links
Download Telegram
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Iyaa, setuju! Kalau gitu kita bahas varian kopi dulu aja. Biar ga cuma tahu namanya, tapi bisa tahu juga apa yang membedakan satu varian dengan varian lainnya. Kita mulai dari yang paling basic dulu kali yaa.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Jadi yang mau kita kenalin pertama kali tuh ada Espresso. Mungkin udah pada kenal kali ya? Nyebutnya tuh ESpresso, bukan EKSpresso yaps. Espresso adalah hasil gilingan biji kopi yang diproses di coffee machine menjadi cairan hitam kental. Pahit banget, jujur. Ketika espresso ini ditambahin air, nah, disitulah dia jadi americano.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Tadi kamu ada nyinggung Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua menu berbeda deh, Hein. Padahal, bukannya sama-sama espresso ditambah susu ya?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Nah, hehe. Cappuccino sama Caffe Latte ini memang campuran espresso sama susu, tapi bedanya ada di rasio busa susunya dan mana yang lebih kentara antara kopi dan susunya.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Cappuccino itu lebih pekat kopinya dan punya busa susu lebih tebal. Caffe Latte lebih terasa milky dan busa susunya lebih tipis. Latte art yang biasa kita lihat di perkopian ala cafe, itu masuknya di Caffe Latte ya.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Kaget nggak sih yang biasa beli kopi dengan latte art, tapi di buku menu namanya cappuccino? Lain kali pahami ya guys, kalau ada latte art berarti masuknya ke caffe latte.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Ohh, jadi begitu ternyata! Aku juga baru tahu sekarang loh perbedaannya. Selama ini aku kira Cappuccino sama Caffe Latte itu sebenarnya menu yang sama aja karena komposisinya mirip-mirip ๐Ÿค”๐Ÿค”, cuma beda di namanya. Tapi ternyata, rasa dan teksturnya punya perbedaan yang cukup signifikan juga yaa. Nah, karena sekarang udah tahu bedanya, kita move ke varian kopi yang lain kali yaa!

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Varian kopi selanjutnya ada Macchiato. Tapi penyebutannya jangan sampai salah yaa, ma-ci-a-to bukan makhiato. Rasanya lebih gurih dan creamy, walaupun komposisinya double shot espresso dan steamed milk. Oh iya, setahuku juga ada dua jenis macchiato yang umum dikenal, yakni latte macchiato atau segelas susu yang diberi sedikit espresso; dan juga espresso macchiato atau segelas espresso yang diberi tambahan sedikit susu

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Jangan lupa sama menu Affogato! Kayaknya hampir semua pecinta kopi tau menu espresso ketambahan es krim vanila satu ini deh. Rasio untuk affogato biasanya โ…– espresso dan โ…— es krim vanila.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Selanjutnya ada menu-menu yang.. hmm, mungkin terasa asing di telinga kita. Ada dua yang akan aku bahas, apa aja ya kira-kira?

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Meskipun kurang umum kita temui di Indonesia, ada juga menu kopi yang namanya ristretto. Ristretto ini sebenarnya masih termasuk kopi hitam, tapi berbeda dengan americano karena menggunakan air yang lebih sedikit. Namanya sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti โ€œterbatasโ€. Karena volumenya cuma sekitar setengah espresso, ristretto sering disebut half espresso. Hasilnya, rasanya jadi lebih pekat, manis, dengan aftertaste yang lebih singkat.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Selain ristretto, ada lagi yang namanya Cortado. Cortado adalah jenis kopi yang berasal dari Spanyol dan memiliki arti โ€˜memotongโ€™. Terbuat dari campuran espresso dan juga susu hangat dengan perbandingan 1:1, cortado sering disebut memiliki rasa yang mirip dengan macchiato.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Sebenarnya jenis kopi ini banyak dan cukup unik-unik ya, jadi penasaran jangan-jangan Indonesia punya variannya sendiri, tapi nggak viral aja.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Bisa jadi banget, Heine! Indonesia juga sebenarnya punya banyak kreasi kopi yang unik dan gaa kalah menarik. Sayangnya, ga semuanya cukup dikenal atau sering kita temui.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Nah, karena tadi kita udah kenalan sama beberapa varian yang mungkin masih terdengar asing, sekarang kita balik lagi ke menu populer, ayo kita kenalan sama Frappe! Minuman ini berasal dari Yunani dan biasanya dibuat dari kopi instan, gula, air, dan es batu. Menariknya, frappe pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios pada tahun 1957. Udah lama banget tuh ya?

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Sama-sama dari huruf F, selanjutnya ada flat white. Varian kopi ini yang berasal dari Australia dan Selandia Baru sekitar tahun 1980-an. Minuman ini merupakan perpaduan kopi dan susu, dengan susu yang lebih banyak dibanding caffe latte dan tanpa foam. Rasanya sendiri lebih kuat dari latte, tapi tetap lebih lembut dibanding cappuccino. Mungkin mirip menu tengah-tengah antara cappuccino dan caffe latte kali ya?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Bisa jadi nih, Ges. Aku pernah coba icip Flat White, dibilang pahit sih pahit, tapi agak creamy juga ternyata.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Terakhir, kalau kurang suka kopi yang terlalu asam atau pahit, ada cold brew. Kopi ini dibuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan air dingin, lalu didiamkan sekitar 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Karena prosesnya menggunakan air dingin dan waktu yang cukup lama, rasa cold brew cenderung lebih smooth dan nggak terlalu asam maupun pahit.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Ternyata varian kopi tuh banyak banget ya. Biasanya kalau ke coffee shop, kalian lebih sering beli kopi yang mana, guys?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ

ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ


โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Kalau aku sii sudah jelas matcha coffee, intinya semuanya aku matchakan ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” gaa kerasa yaa, pembahasan kita tentang kopi akhirnya selesai juga nihh! Jadi, sekarang udah pada gaa penasaran lagi kann, sebenarnya gimana sih proses kopi sampai akhirnya bisa ada di cangkir kita?

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Nah, karena pembahasan kita sudah selesai, sekarang kita bakal masuk ke quiz session! Yeyy, siapa nih yang dari tadi udah nyimak dan nungguin sesi ini?

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Kuisnya gampang kok, pertanyaannya juga masih seputar kopi. Jadi, coba diingat-ingat lagi pembahasan yang tadi udah kita obrolin yaa. Buat kalian yang tahu jawabannya, langsung aja jawab di comment section. Jawaban yang paling gercep dan tepat bakal dapet suprise nantinyaa! Kalau gitu, yuk kita mulai kuisnyaa, siap-siap yaa.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
โฐ๏ธ ๐Ÿคฉ๐”๐ˆ๐™ ๐“๐ˆ๐Œ๐„

โ”€ ๐—ค๐—จ๐—˜๐—ฆ๐—ง๐—œ๐—ข๐—ก โŒ—1
Jenis biji kopi apa yang dikenal memiliki rasa kompleks, fruity, aroma floral, serta kadar kafein yang lebih rendah?
A. Robusta
B. Liberika
C. Arabika
D. Excelsa
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
โฐ๏ธ ๐Ÿคฉ๐”๐ˆ๐™ ๐“๐ˆ๐Œ๐„

โ”€ ๐—ค๐—จ๐—˜๐—ฆ๐—ง๐—œ๐—ข๐—ก โŒ—2
Jenis biji kopi apa yang penggunaannya lebih sering untuk memberikan depth flavour dalam blend?
A. Arabika
B. Robusta
C. Liberika
D. Excelsa
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
โฐ๏ธ ๐Ÿคฉ๐”๐ˆ๐™ ๐“๐ˆ๐Œ๐„

โ”€ ๐—ค๐—จ๐—˜๐—ฆ๐—ง๐—œ๐—ข๐—ก โŒ—3
Apa saja dua jenis Macchiato yang umum dikenal?
A. Cappuccino Macchiato dan Caffe Macchiato
B. Latte Macchiato dan Espresso Macchiato
C. Vanilla Macchiato dan Caramel Macchiato
D. Milk Macchiato dan Cream Macchiato
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM