Forwarded from spidergril 19อ อ9อ2อ
Hey, Scornellius Station!
My name is elena + @snowpyhj, and my favorite coffee is cappuccinoi love it because gaada alasannya untuk menyukai kopi tersebut
My name is elena + @snowpyhj, and my favorite coffee is cappuccinoi love it because gaada alasannya untuk menyukai kopi tersebut
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Beragam banget yaa ternyata pilihan kopi favoritnya! Ada yang suka rasa yang bold, creamy, ada juga yang lebih suka kopi yang light.
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Karena kita sudah lihat berbagai varian kopi dan racikannya, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan yang pertama yuk, yang pertama akan kita bahas yaitu biji kopi. Kalian tahu gaa, sebenarnya ada berapa jenis biji kopi yang umum dikenal? Selama ini, kalian pasti lebih sering dengar dua jenis biji kopi, yaitu Arabika dan Robusta, kan?๐ ๐
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Jadi ternyata, jenis-jenis biji kopi itu ada 4, bukan cuma Arabika dan Robusta kayak yang kita tau; tapi ada Liberika dan Excelsa juga. Arabika adalah varietas paling populer di pasar global, pasar specialty coffee biasanya didominasi jenis biji kopi ini. Biji kopi Arabika tumbuh di dataran tinggi, punya rasa kompleks dan fruity, aroma floral, kafeinnya dikenal lebih rendah dan body kopinya ringan hingga medium.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Kemudian ada Robusta, satu lagi jenis biji kopi yang umum kita kenal. Karakternya kuat dan pahit, tumbuh di dataran rendah, kafeinnya lebih tinggi, body tebal, lebih tahan hama dan produksi lebih stabil. Robusta lebih umum digunakan dalam kopi instan dan espresso blend.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, sampai sini kita udah kenalan sama Arabika dan Robusta yang mungkin memang sudah familiar buat kita. Tapi ternyata, masih ada dua jenis biji kopi lainnya nih yang mungkin belum terlalu familiar. Kira-kira apa aja yaa? Nah, untuk yang satu ini, Heine yang akan lanjut ngenalin kita sama Liberika dan Excelsa.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Beragam banget yaa ternyata pilihan kopi favoritnya! Ada yang suka rasa yang bold, creamy, ada juga yang lebih suka kopi yang light.
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Karena kita sudah lihat berbagai varian kopi dan racikannya, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan yang pertama yuk, yang pertama akan kita bahas yaitu biji kopi. Kalian tahu gaa, sebenarnya ada berapa jenis biji kopi yang umum dikenal? Selama ini, kalian pasti lebih sering dengar dua jenis biji kopi, yaitu Arabika dan Robusta, kan?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Jadi ternyata, jenis-jenis biji kopi itu ada 4, bukan cuma Arabika dan Robusta kayak yang kita tau; tapi ada Liberika dan Excelsa juga. Arabika adalah varietas paling populer di pasar global, pasar specialty coffee biasanya didominasi jenis biji kopi ini. Biji kopi Arabika tumbuh di dataran tinggi, punya rasa kompleks dan fruity, aroma floral, kafeinnya dikenal lebih rendah dan body kopinya ringan hingga medium.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Kemudian ada Robusta, satu lagi jenis biji kopi yang umum kita kenal. Karakternya kuat dan pahit, tumbuh di dataran rendah, kafeinnya lebih tinggi, body tebal, lebih tahan hama dan produksi lebih stabil. Robusta lebih umum digunakan dalam kopi instan dan espresso blend.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, sampai sini kita udah kenalan sama Arabika dan Robusta yang mungkin memang sudah familiar buat kita. Tapi ternyata, masih ada dua jenis biji kopi lainnya nih yang mungkin belum terlalu familiar. Kira-kira apa aja yaa? Nah, untuk yang satu ini, Heine yang akan lanjut ngenalin kita sama Liberika dan Excelsa.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Nah, habis kenalan sama biji kopi Arabika dan Robusta sama Gestara, pasti udah tau kan aku mau bahas apa? Bener yak, selanjutnya kita akan bahas sedikit soal biji kopi Liberika dan Excelsa. Sejujurnya, ini kali pertama aku dengar soal biji kopi yang dua ini, agak nggak umum soalnya.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Biji kopi Liberika umumnya memiliki bentuk biji lebih besar dan karakter rasa unik. Punya aroma smoky, aftertaste woody, dan produksi terbatas, pasar Liberika lebih niche dibanding Arabika dan Robusta, jadi wajar aja kita nggak kenal. Kayaknya jenis-jenis kopi sultan nih, curiga.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Selanjutnya ada Excelsa. Hampir setara Liberika, dia punya kafein sedang, rasa asam yang kompleks, digunakan sebagai campuran dan memberi kedalaman dalam blend. Jadi mungkin penggunaan Excelsa ini lebih ke ngasih depth flavour aja, bukan sebagai bintang utama.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Nah, habis kenalan sama biji kopi Arabika dan Robusta sama Gestara, pasti udah tau kan aku mau bahas apa? Bener yak, selanjutnya kita akan bahas sedikit soal biji kopi Liberika dan Excelsa. Sejujurnya, ini kali pertama aku dengar soal biji kopi yang dua ini, agak nggak umum soalnya.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Biji kopi Liberika umumnya memiliki bentuk biji lebih besar dan karakter rasa unik. Punya aroma smoky, aftertaste woody, dan produksi terbatas, pasar Liberika lebih niche dibanding Arabika dan Robusta, jadi wajar aja kita nggak kenal. Kayaknya jenis-jenis kopi sultan nih, curiga.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Selanjutnya ada Excelsa. Hampir setara Liberika, dia punya kafein sedang, rasa asam yang kompleks, digunakan sebagai campuran dan memberi kedalaman dalam blend. Jadi mungkin penggunaan Excelsa ini lebih ke ngasih depth flavour aja, bukan sebagai bintang utama.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Eits, tapi bukan cuma itu aja Heine! Tadi kita juga sempat bahas Arabika dan Robusta, kan? Kamu tau gaa? Ternyata Arabika punya beberapa jenis biji kopi turunan loh, seperti Typica, Bourbon, Geisha, Caturra dan Catimor. Tapi hari ini kita nggak bahas itu dulu si, hehe.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Terus, buat yang bertanya-tanya soal, "Apa sih bedanya Arabika sama Robusta?" Jadi, perbandingan utamanya terletak pada rasa dan kadar kafein. Arabika lebih kompleks dan ringan. Robusta lebih pahit dan kuat. Pemilihan tergantung preferensi dan kebutuhan pasar. Kalau emang suka kopi, robusta bisa jadi pilihan tepat. Tapi kalau kurang suka atau masih coba-coba as coffee enthu awal-awal, dimulai dari arabika dulu ya.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Eits, tapi bukan cuma itu aja Heine! Tadi kita juga sempat bahas Arabika dan Robusta, kan? Kamu tau gaa? Ternyata Arabika punya beberapa jenis biji kopi turunan loh, seperti Typica, Bourbon, Geisha, Caturra dan Catimor. Tapi hari ini kita nggak bahas itu dulu si, hehe.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Terus, buat yang bertanya-tanya soal, "Apa sih bedanya Arabika sama Robusta?" Jadi, perbandingan utamanya terletak pada rasa dan kadar kafein. Arabika lebih kompleks dan ringan. Robusta lebih pahit dan kuat. Pemilihan tergantung preferensi dan kebutuhan pasar. Kalau emang suka kopi, robusta bisa jadi pilihan tepat. Tapi kalau kurang suka atau masih coba-coba as coffee enthu awal-awal, dimulai dari arabika dulu ya.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Denger-denger, secara harga, arabika juga agak lebih mehong dibanding robusta ya, Ges? Kayaknya ini salah satu pertimbangan pas milih-milih biji kopi, deh. Aku juga pernah lihat kemasan kopi yang gabungin dua jenis biji kopi ini. Misalnya, 80% arabica dan 20% robusta, atau 60% arabica dan 40% robusta. Rasanya bakal lebih balance nggak sih?
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Abis bahas biji kopi dan perbedaannya, enakan bahas rasio kopi duluan apa varian kopi deh, Ges? Varian kali ya, biar audiens pada kaget kalau ternyata Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua varian kopi yang berbeda?
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Denger-denger, secara harga, arabika juga agak lebih mehong dibanding robusta ya, Ges? Kayaknya ini salah satu pertimbangan pas milih-milih biji kopi, deh. Aku juga pernah lihat kemasan kopi yang gabungin dua jenis biji kopi ini. Misalnya, 80% arabica dan 20% robusta, atau 60% arabica dan 40% robusta. Rasanya bakal lebih balance nggak sih?
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Abis bahas biji kopi dan perbedaannya, enakan bahas rasio kopi duluan apa varian kopi deh, Ges? Varian kali ya, biar audiens pada kaget kalau ternyata Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua varian kopi yang berbeda?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Iyaa, setuju! Kalau gitu kita bahas varian kopi dulu aja. Biar ga cuma tahu namanya, tapi bisa tahu juga apa yang membedakan satu varian dengan varian lainnya. Kita mulai dari yang paling basic dulu kali yaa.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Jadi yang mau kita kenalin pertama kali tuh ada Espresso. Mungkin udah pada kenal kali ya? Nyebutnya tuh ESpresso, bukan EKSpresso yaps. Espresso adalah hasil gilingan biji kopi yang diproses di coffee machine menjadi cairan hitam kental. Pahit banget, jujur. Ketika espresso ini ditambahin air, nah, disitulah dia jadi americano.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Tadi kamu ada nyinggung Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua menu berbeda deh, Hein. Padahal, bukannya sama-sama espresso ditambah susu ya?
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Iyaa, setuju! Kalau gitu kita bahas varian kopi dulu aja. Biar ga cuma tahu namanya, tapi bisa tahu juga apa yang membedakan satu varian dengan varian lainnya. Kita mulai dari yang paling basic dulu kali yaa.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Jadi yang mau kita kenalin pertama kali tuh ada Espresso. Mungkin udah pada kenal kali ya? Nyebutnya tuh ESpresso, bukan EKSpresso yaps. Espresso adalah hasil gilingan biji kopi yang diproses di coffee machine menjadi cairan hitam kental. Pahit banget, jujur. Ketika espresso ini ditambahin air, nah, disitulah dia jadi americano.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Tadi kamu ada nyinggung Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua menu berbeda deh, Hein. Padahal, bukannya sama-sama espresso ditambah susu ya?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Nah, hehe. Cappuccino sama Caffe Latte ini memang campuran espresso sama susu, tapi bedanya ada di rasio busa susunya dan mana yang lebih kentara antara kopi dan susunya.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Cappuccino itu lebih pekat kopinya dan punya busa susu lebih tebal. Caffe Latte lebih terasa milky dan busa susunya lebih tipis. Latte art yang biasa kita lihat di perkopian ala cafe, itu masuknya di Caffe Latte ya.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Kaget nggak sih yang biasa beli kopi dengan latte art, tapi di buku menu namanya cappuccino? Lain kali pahami ya guys, kalau ada latte art berarti masuknya ke caffe latte.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Nah, hehe. Cappuccino sama Caffe Latte ini memang campuran espresso sama susu, tapi bedanya ada di rasio busa susunya dan mana yang lebih kentara antara kopi dan susunya.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Cappuccino itu lebih pekat kopinya dan punya busa susu lebih tebal. Caffe Latte lebih terasa milky dan busa susunya lebih tipis. Latte art yang biasa kita lihat di perkopian ala cafe, itu masuknya di Caffe Latte ya.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Kaget nggak sih yang biasa beli kopi dengan latte art, tapi di buku menu namanya cappuccino? Lain kali pahami ya guys, kalau ada latte art berarti masuknya ke caffe latte.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Ohh, jadi begitu ternyata! Aku juga baru tahu sekarang loh perbedaannya. Selama ini aku kira Cappuccino sama Caffe Latte itu sebenarnya menu yang sama aja karena komposisinya mirip-mirip ๐ค๐ค, cuma beda di namanya. Tapi ternyata, rasa dan teksturnya punya perbedaan yang cukup signifikan juga yaa. Nah, karena sekarang udah tahu bedanya, kita move ke varian kopi yang lain kali yaa!
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Varian kopi selanjutnya ada Macchiato. Tapi penyebutannya jangan sampai salah yaa, ma-ci-a-to bukan makhiato. Rasanya lebih gurih dan creamy, walaupun komposisinya double shot espresso dan steamed milk. Oh iya, setahuku juga ada dua jenis macchiato yang umum dikenal, yakni latte macchiato atau segelas susu yang diberi sedikit espresso; dan juga espresso macchiato atau segelas espresso yang diberi tambahan sedikit susu
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Jangan lupa sama menu Affogato! Kayaknya hampir semua pecinta kopi tau menu espresso ketambahan es krim vanila satu ini deh. Rasio untuk affogato biasanya โ espresso dan โ es krim vanila.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Ohh, jadi begitu ternyata! Aku juga baru tahu sekarang loh perbedaannya. Selama ini aku kira Cappuccino sama Caffe Latte itu sebenarnya menu yang sama aja karena komposisinya mirip-mirip ๐ค๐ค, cuma beda di namanya. Tapi ternyata, rasa dan teksturnya punya perbedaan yang cukup signifikan juga yaa. Nah, karena sekarang udah tahu bedanya, kita move ke varian kopi yang lain kali yaa!
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Varian kopi selanjutnya ada Macchiato. Tapi penyebutannya jangan sampai salah yaa, ma-ci-a-to bukan makhiato. Rasanya lebih gurih dan creamy, walaupun komposisinya double shot espresso dan steamed milk. Oh iya, setahuku juga ada dua jenis macchiato yang umum dikenal, yakni latte macchiato atau segelas susu yang diberi sedikit espresso; dan juga espresso macchiato atau segelas espresso yang diberi tambahan sedikit susu
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Jangan lupa sama menu Affogato! Kayaknya hampir semua pecinta kopi tau menu espresso ketambahan es krim vanila satu ini deh. Rasio untuk affogato biasanya โ espresso dan โ es krim vanila.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Selanjutnya ada menu-menu yang.. hmm, mungkin terasa asing di telinga kita. Ada dua yang akan aku bahas, apa aja ya kira-kira?
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Meskipun kurang umum kita temui di Indonesia, ada juga menu kopi yang namanya ristretto. Ristretto ini sebenarnya masih termasuk kopi hitam, tapi berbeda dengan americano karena menggunakan air yang lebih sedikit. Namanya sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti โterbatasโ. Karena volumenya cuma sekitar setengah espresso, ristretto sering disebut half espresso. Hasilnya, rasanya jadi lebih pekat, manis, dengan aftertaste yang lebih singkat.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Selain ristretto, ada lagi yang namanya Cortado. Cortado adalah jenis kopi yang berasal dari Spanyol dan memiliki arti โmemotongโ. Terbuat dari campuran espresso dan juga susu hangat dengan perbandingan 1:1, cortado sering disebut memiliki rasa yang mirip dengan macchiato.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Sebenarnya jenis kopi ini banyak dan cukup unik-unik ya, jadi penasaran jangan-jangan Indonesia punya variannya sendiri, tapi nggak viral aja.
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Selanjutnya ada menu-menu yang.. hmm, mungkin terasa asing di telinga kita. Ada dua yang akan aku bahas, apa aja ya kira-kira?
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Meskipun kurang umum kita temui di Indonesia, ada juga menu kopi yang namanya ristretto. Ristretto ini sebenarnya masih termasuk kopi hitam, tapi berbeda dengan americano karena menggunakan air yang lebih sedikit. Namanya sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti โterbatasโ. Karena volumenya cuma sekitar setengah espresso, ristretto sering disebut half espresso. Hasilnya, rasanya jadi lebih pekat, manis, dengan aftertaste yang lebih singkat.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Selain ristretto, ada lagi yang namanya Cortado. Cortado adalah jenis kopi yang berasal dari Spanyol dan memiliki arti โmemotongโ. Terbuat dari campuran espresso dan juga susu hangat dengan perbandingan 1:1, cortado sering disebut memiliki rasa yang mirip dengan macchiato.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Sebenarnya jenis kopi ini banyak dan cukup unik-unik ya, jadi penasaran jangan-jangan Indonesia punya variannya sendiri, tapi nggak viral aja.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Bisa jadi banget, Heine! Indonesia juga sebenarnya punya banyak kreasi kopi yang unik dan gaa kalah menarik. Sayangnya, ga semuanya cukup dikenal atau sering kita temui.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, karena tadi kita udah kenalan sama beberapa varian yang mungkin masih terdengar asing, sekarang kita balik lagi ke menu populer, ayo kita kenalan sama Frappe! Minuman ini berasal dari Yunani dan biasanya dibuat dari kopi instan, gula, air, dan es batu. Menariknya, frappe pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios pada tahun 1957. Udah lama banget tuh ya?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Sama-sama dari huruf F, selanjutnya ada flat white. Varian kopi ini yang berasal dari Australia dan Selandia Baru sekitar tahun 1980-an. Minuman ini merupakan perpaduan kopi dan susu, dengan susu yang lebih banyak dibanding caffe latte dan tanpa foam. Rasanya sendiri lebih kuat dari latte, tapi tetap lebih lembut dibanding cappuccino. Mungkin mirip menu tengah-tengah antara cappuccino dan caffe latte kali ya?
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐ฆ.๊ท โ GESTARA SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Bisa jadi banget, Heine! Indonesia juga sebenarnya punya banyak kreasi kopi yang unik dan gaa kalah menarik. Sayangnya, ga semuanya cukup dikenal atau sering kita temui.
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Nah, karena tadi kita udah kenalan sama beberapa varian yang mungkin masih terdengar asing, sekarang kita balik lagi ke menu populer, ayo kita kenalan sama Frappe! Minuman ini berasal dari Yunani dan biasanya dibuat dari kopi instan, gula, air, dan es batu. Menariknya, frappe pertama kali dibuat oleh Dimitrios Vakondios pada tahun 1957. Udah lama banget tuh ya?
โฎ โ๐ฆ.๊ท โ Sama-sama dari huruf F, selanjutnya ada flat white. Varian kopi ini yang berasal dari Australia dan Selandia Baru sekitar tahun 1980-an. Minuman ini merupakan perpaduan kopi dan susu, dengan susu yang lebih banyak dibanding caffe latte dan tanpa foam. Rasanya sendiri lebih kuat dari latte, tapi tetap lebih lembut dibanding cappuccino. Mungkin mirip menu tengah-tengah antara cappuccino dan caffe latte kali ya?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
ใ
ค๐ค ๐๐
๐
๐๐ ๐
๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๏ธ
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Bisa jadi nih, Ges. Aku pernah coba icip Flat White, dibilang pahit sih pahit, tapi agak creamy juga ternyata.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Terakhir, kalau kurang suka kopi yang terlalu asam atau pahit, ada cold brew. Kopi ini dibuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan air dingin, lalu didiamkan sekitar 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Karena prosesnya menggunakan air dingin dan waktu yang cukup lama, rasa cold brew cenderung lebih smooth dan nggak terlalu asam maupun pahit.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Ternyata varian kopi tuh banyak banget ya. Biasanya kalau ke coffee shop, kalian lebih sering beli kopi yang mana, guys?
โฎ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โฏ
ใ โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ HEINE SPEAKING โงฝ
ใ ค
โฎ โ๐โโฌ๏ธ.๊ท โ Bisa jadi nih, Ges. Aku pernah coba icip Flat White, dibilang pahit sih pahit, tapi agak creamy juga ternyata.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Terakhir, kalau kurang suka kopi yang terlalu asam atau pahit, ada cold brew. Kopi ini dibuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan air dingin, lalu didiamkan sekitar 12 sampai 24 jam sebelum disaring. Karena prosesnya menggunakan air dingin dan waktu yang cukup lama, rasa cold brew cenderung lebih smooth dan nggak terlalu asam maupun pahit.
โฎ โ๐โโฌ.๊ท โ Ternyata varian kopi tuh banyak banget ya. Biasanya kalau ke coffee shop, kalian lebih sering beli kopi yang mana, guys?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1