๐—ฆ๐—–๐—ก๐—ฅ: Station 111
210 subscribers
884 photos
186 videos
10 files
129 links
Download Telegram
Forwarded from sยขn. Gemintang slow เฟเพ‚ ๐“๐“ญ๐“ถ๐“ฒ๐“ท โ˜
Hey, Scornellius Station!
My name is Binar Gemintang @passfionate, and my favorite coffee is Caramel Macchiato i love it because I don't really like coffee so I think Caramel Macchiato is the safest coffee drink for me to drink.
Forwarded from โถ๊•„โ‚† sยขn. Yeoubi
Hey, Scornellius Station!
My name is Jiu @kjiyya, and my favorite coffee is Butterscotch sea salt latte. I love it because The taste is a combination of sweet, savory, bitter and creamy. making me feel calm and relieve my stress.
Forwarded from Graciella sยขn ๐–ฎ.
Hey, Scornellius Station!
My name is Graciella Grania (@Hunians), and my favorite coffee is Salted Butterscotch (kalo ga salah) i love it because itu karena.
Forwarded from sยขnเผ‰. Pomni
Hey, Scornellius Station!
My name is Pomni Humphries โ€” @Leeanjeongw, and my favorite coffee is Matcha Coffe i love it because the matcha gives it a unique earthy taste, and it feels relaxing to drink, especially when I need a little boost!
Forwarded from Gestara sยขnเผ‰
Hey, Scornellius Station!
My name is Gestara @NYSTR33TS, and my favorite coffee is Matcha coffee i love it because i like matcha and coffee, so instead of being confused about choosing one, it's better if I just mix them together๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Forwarded from sยขn. Carla
Hey, Scornellius Station!
My name is Shiรฉna @iCarlmy, and my favorite coffee is Matcha Coffee i love it because the combination of my two favorite drinks matcha and coffee turned my mood and energy around, lifting them from a slump back to a great state ๐Ÿง‹.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Forwarded from sยขn. Covey
Hey, Scornellius Station!
My name is Milka de Covey (๐Ÿคฉ) โ€” @deBarista๐Ÿคฉ, and my favorite coffee is Butterscotch Seat Saltโ˜•๏ธ๐Ÿคฉ i love it because ๐Ÿ”€๐Ÿ”€๐Ÿ”€ Ini kisah โ€œLoveโ€”Hateโ€œ awal cobain *huek huek*eh tapi jadi penasaran rasanya ditiap cafe shop kira-kira beda ga ya? Ada yang akhirnya BEST ๐Ÿคฉ ga ya.. ealah ternyata beneran nemu.. DAN JOSS ENAK BANGETT RASANYA, sekarang jadi top favo! Mengalahkan rasa cinta ku ke Machiato โœจ Rasanya tu kayak kayaaa banget, semua rasa ada apalagi ++ seat salt, makin josjiss ๐ŸŽ€ Cobain!
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Hey, Scornellius Station!
My name is elena + @snowpyhj, and my favorite coffee is cappuccinoi love it because gaada alasannya untuk menyukai kopi tersebut
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ


โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Beragam banget yaa ternyata pilihan kopi favoritnya! Ada yang suka rasa yang bold, creamy, ada juga yang lebih suka kopi yang light.
ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Karena kita sudah lihat berbagai varian kopi dan racikannya, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan yang pertama yuk, yang pertama akan kita bahas yaitu biji kopi. Kalian tahu gaa, sebenarnya ada berapa jenis biji kopi yang umum dikenal? Selama ini, kalian pasti lebih sering dengar dua jenis biji kopi, yaitu Arabika dan Robusta, kan? ๐Ÿ‡๐Ÿ‡

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Jadi ternyata, jenis-jenis biji kopi itu ada 4, bukan cuma Arabika dan Robusta kayak yang kita tau; tapi ada Liberika dan Excelsa juga. Arabika adalah varietas paling populer di pasar global, pasar specialty coffee biasanya didominasi jenis biji kopi ini. Biji kopi Arabika tumbuh di dataran tinggi, punya rasa kompleks dan fruity, aroma floral, kafeinnya dikenal lebih rendah dan body kopinya ringan hingga medium.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Kemudian ada Robusta, satu lagi jenis biji kopi yang umum kita kenal. Karakternya kuat dan pahit, tumbuh di dataran rendah, kafeinnya lebih tinggi, body tebal, lebih tahan hama dan produksi lebih stabil. Robusta lebih umum digunakan dalam kopi instan dan espresso blend.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Nah, sampai sini kita udah kenalan sama Arabika dan Robusta yang mungkin memang sudah familiar buat kita. Tapi ternyata, masih ada dua jenis biji kopi lainnya nih yang mungkin belum terlalu familiar. Kira-kira apa aja yaa? Nah, untuk yang satu ini, Heine yang akan lanjut ngenalin kita sama Liberika dan Excelsa.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Nah, habis kenalan sama biji kopi Arabika dan Robusta sama Gestara, pasti udah tau kan aku mau bahas apa? Bener yak, selanjutnya kita akan bahas sedikit soal biji kopi Liberika dan Excelsa. Sejujurnya, ini kali pertama aku dengar soal biji kopi yang dua ini, agak nggak umum soalnya.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Biji kopi Liberika umumnya memiliki bentuk biji lebih besar dan karakter rasa unik. Punya aroma smoky, aftertaste woody, dan produksi terbatas, pasar Liberika lebih niche dibanding Arabika dan Robusta, jadi wajar aja kita nggak kenal. Kayaknya jenis-jenis kopi sultan nih, curiga.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Selanjutnya ada Excelsa. Hampir setara Liberika, dia punya kafein sedang, rasa asam yang kompleks, digunakan sebagai campuran dan memberi kedalaman dalam blend. Jadi mungkin penggunaan Excelsa ini lebih ke ngasih depth flavour aja, bukan sebagai bintang utama.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Eits, tapi bukan cuma itu aja Heine! Tadi kita juga sempat bahas Arabika dan Robusta, kan? Kamu tau gaa? Ternyata Arabika punya beberapa jenis biji kopi turunan loh, seperti Typica, Bourbon, Geisha, Caturra dan Catimor. Tapi hari ini kita nggak bahas itu dulu si, hehe.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Terus, buat yang bertanya-tanya soal, "Apa sih bedanya Arabika sama Robusta?" Jadi, perbandingan utamanya terletak pada rasa dan kadar kafein. Arabika lebih kompleks dan ringan. Robusta lebih pahit dan kuat. Pemilihan tergantung preferensi dan kebutuhan pasar. Kalau emang suka kopi, robusta bisa jadi pilihan tepat. Tapi kalau kurang suka atau masih coba-coba as coffee enthu awal-awal, dimulai dari arabika dulu ya.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Denger-denger, secara harga, arabika juga agak lebih mehong dibanding robusta ya, Ges? Kayaknya ini salah satu pertimbangan pas milih-milih biji kopi, deh. Aku juga pernah lihat kemasan kopi yang gabungin dua jenis biji kopi ini. Misalnya, 80% arabica dan 20% robusta, atau 60% arabica dan 40% robusta. Rasanya bakal lebih balance nggak sih?

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Abis bahas biji kopi dan perbedaannya, enakan bahas rasio kopi duluan apa varian kopi deh, Ges? Varian kali ya, biar audiens pada kaget kalau ternyata Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua varian kopi yang berbeda?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Iyaa, setuju! Kalau gitu kita bahas varian kopi dulu aja. Biar ga cuma tahu namanya, tapi bisa tahu juga apa yang membedakan satu varian dengan varian lainnya. Kita mulai dari yang paling basic dulu kali yaa.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Jadi yang mau kita kenalin pertama kali tuh ada Espresso. Mungkin udah pada kenal kali ya? Nyebutnya tuh ESpresso, bukan EKSpresso yaps. Espresso adalah hasil gilingan biji kopi yang diproses di coffee machine menjadi cairan hitam kental. Pahit banget, jujur. Ketika espresso ini ditambahin air, nah, disitulah dia jadi americano.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Tadi kamu ada nyinggung Cappuccino sama Caffe Latte tuh dua menu berbeda deh, Hein. Padahal, bukannya sama-sama espresso ditambah susu ya?
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Nah, hehe. Cappuccino sama Caffe Latte ini memang campuran espresso sama susu, tapi bedanya ada di rasio busa susunya dan mana yang lebih kentara antara kopi dan susunya.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Cappuccino itu lebih pekat kopinya dan punya busa susu lebih tebal. Caffe Latte lebih terasa milky dan busa susunya lebih tipis. Latte art yang biasa kita lihat di perkopian ala cafe, itu masuknya di Caffe Latte ya.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Kaget nggak sih yang biasa beli kopi dengan latte art, tapi di buku menu namanya cappuccino? Lain kali pahami ya guys, kalau ada latte art berarti masuknya ke caffe latte.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM