๐—ฆ๐—–๐—ก๐—ฅ: Station 111
209 subscribers
884 photos
186 videos
10 files
129 links
Download Telegram
ocean floor
wave to earth, Kim Daniel
ใ…คใ…ค๐‚๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘
ใ€Š ๐’๐‚๐-๐‘ ๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ ใ€‹

โ”€โ•ดโ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ•ถโ”€โ•ดโ•ถโ”€โ•ดโ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ•ถโ”€
โ”€โ•ถโ”€โ•ดโ•ถโ”€โ•ดโ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ”€โ•ถโ”€โ•ด

แฏ“๐Ÿชฝ โœจhe coffee is warm, the music is playing softly, and the evening is finally slowing down. Take a seat, have a sip, and let yourself enjoy a little time away from the rush


โ˜•๏ธ ๐…๐‘๐Ž๐Œ ๐“๐‡๐„ ๐‚๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‘
ใ…คใ…คใ…คใ…คใ…ค Heine ยท Gestara
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Halooo semuanya! Selamat datang kembali di SCN-Radio Station 111! Senang banget rasanya bisa nemenin kalian di weekend kali ini. Sesuai dengan judul podcast kita hari ini, โ€œCoffee First, Talk Laterโ€ kita bakal ngobrol santai seputar kopi nih. Soalnyaa weekend gini paling enak nyantai dulu ga sii? Duduk nyaman sambil seruput kopi favorit โ˜•๏ธ

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Nah, sambil kalian menikmati kopi, kita sekalian bakal ngobrolin hal-hal menarik seputar kopi. Di antara kalian pasti ada yang penasaran dari mana kopi yang kita minum berasal, gimana cara penyeduhannya, sampai bisa jadi berbagai macam minuman yang sering kita pesan di cafรฉ. Malam ini kita bakal bahas tuntas mulai dari biji kopi, cara penyeduhan, sampai berbagai varian kopi.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Tapi sebelum kita mulai pembahasannya, kita kenalan dulu yuk! Nama aku Gestara Yudhistia, kalian bisa panggil aku Gesta atau Tara. Dan malam ini aku ga sendirian, karena udah ada partner aku yang siap nemenin kita buat bahas kopi lebih jauh. Jadi, langsung saja kita sambut Kak Heine!
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2๐Ÿ”ฅ2
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Hai, selamat malam semuanya! ๐Ÿ‘‹๐Ÿป Selamat datang kembali di SCN-Radio Station 111. Perkenalkan, aku Heine Theophilus S'envoler yang pada malam ini berkesempatan untuk menjadi partner siaran Gestara.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Karena hari ini kita bakalan bahas kopi, lebih afdol kalau masing-masing pegang kopi nggak sih? Hehehe. Ayo yang belum pegang kopi, bikin dulu buru-buru! Sebelum masuk ke materi siaran, kita intip dulu kopi-kopi racikan kalian yuk.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
Forwarded from sยขn. Gemintang slow เฟเพ‚ ๐“๐“ญ๐“ถ๐“ฒ๐“ท โ˜
Hey, Scornellius Station!
My name is Binar Gemintang @passfionate, and my favorite coffee is Caramel Macchiato i love it because I don't really like coffee so I think Caramel Macchiato is the safest coffee drink for me to drink.
Forwarded from โถ๊•„โ‚† sยขn. Yeoubi
Hey, Scornellius Station!
My name is Jiu @kjiyya, and my favorite coffee is Butterscotch sea salt latte. I love it because The taste is a combination of sweet, savory, bitter and creamy. making me feel calm and relieve my stress.
Forwarded from Graciella sยขn ๐–ฎ.
Hey, Scornellius Station!
My name is Graciella Grania (@Hunians), and my favorite coffee is Salted Butterscotch (kalo ga salah) i love it because itu karena.
Forwarded from sยขnเผ‰. Pomni
Hey, Scornellius Station!
My name is Pomni Humphries โ€” @Leeanjeongw, and my favorite coffee is Matcha Coffe i love it because the matcha gives it a unique earthy taste, and it feels relaxing to drink, especially when I need a little boost!
Forwarded from Gestara sยขnเผ‰
Hey, Scornellius Station!
My name is Gestara @NYSTR33TS, and my favorite coffee is Matcha coffee i love it because i like matcha and coffee, so instead of being confused about choosing one, it's better if I just mix them together๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Forwarded from sยขn. Carla
Hey, Scornellius Station!
My name is Shiรฉna @iCarlmy, and my favorite coffee is Matcha Coffee i love it because the combination of my two favorite drinks matcha and coffee turned my mood and energy around, lifting them from a slump back to a great state ๐Ÿง‹.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Forwarded from sยขn. Covey
Hey, Scornellius Station!
My name is Milka de Covey (๐Ÿคฉ) โ€” @deBarista๐Ÿคฉ, and my favorite coffee is Butterscotch Seat Saltโ˜•๏ธ๐Ÿคฉ i love it because ๐Ÿ”€๐Ÿ”€๐Ÿ”€ Ini kisah โ€œLoveโ€”Hateโ€œ awal cobain *huek huek*eh tapi jadi penasaran rasanya ditiap cafe shop kira-kira beda ga ya? Ada yang akhirnya BEST ๐Ÿคฉ ga ya.. ealah ternyata beneran nemu.. DAN JOSS ENAK BANGETT RASANYA, sekarang jadi top favo! Mengalahkan rasa cinta ku ke Machiato โœจ Rasanya tu kayak kayaaa banget, semua rasa ada apalagi ++ seat salt, makin josjiss ๐ŸŽ€ Cobain!
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
Hey, Scornellius Station!
My name is elena + @snowpyhj, and my favorite coffee is cappuccinoi love it because gaada alasannya untuk menyukai kopi tersebut
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ


โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Beragam banget yaa ternyata pilihan kopi favoritnya! Ada yang suka rasa yang bold, creamy, ada juga yang lebih suka kopi yang light.
ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Karena kita sudah lihat berbagai varian kopi dan racikannya, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan yang pertama yuk, yang pertama akan kita bahas yaitu biji kopi. Kalian tahu gaa, sebenarnya ada berapa jenis biji kopi yang umum dikenal? Selama ini, kalian pasti lebih sering dengar dua jenis biji kopi, yaitu Arabika dan Robusta, kan? ๐Ÿ‡๐Ÿ‡

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Jadi ternyata, jenis-jenis biji kopi itu ada 4, bukan cuma Arabika dan Robusta kayak yang kita tau; tapi ada Liberika dan Excelsa juga. Arabika adalah varietas paling populer di pasar global, pasar specialty coffee biasanya didominasi jenis biji kopi ini. Biji kopi Arabika tumbuh di dataran tinggi, punya rasa kompleks dan fruity, aroma floral, kafeinnya dikenal lebih rendah dan body kopinya ringan hingga medium.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Kemudian ada Robusta, satu lagi jenis biji kopi yang umum kita kenal. Karakternya kuat dan pahit, tumbuh di dataran rendah, kafeinnya lebih tinggi, body tebal, lebih tahan hama dan produksi lebih stabil. Robusta lebih umum digunakan dalam kopi instan dan espresso blend.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Nah, sampai sini kita udah kenalan sama Arabika dan Robusta yang mungkin memang sudah familiar buat kita. Tapi ternyata, masih ada dua jenis biji kopi lainnya nih yang mungkin belum terlalu familiar. Kira-kira apa aja yaa? Nah, untuk yang satu ini, Heine yang akan lanjut ngenalin kita sama Liberika dan Excelsa.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” HEINE SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›๏ธ.๊’ท โ€” Nah, habis kenalan sama biji kopi Arabika dan Robusta sama Gestara, pasti udah tau kan aku mau bahas apa? Bener yak, selanjutnya kita akan bahas sedikit soal biji kopi Liberika dan Excelsa. Sejujurnya, ini kali pertama aku dengar soal biji kopi yang dua ini, agak nggak umum soalnya.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Biji kopi Liberika umumnya memiliki bentuk biji lebih besar dan karakter rasa unik. Punya aroma smoky, aftertaste woody, dan produksi terbatas, pasar Liberika lebih niche dibanding Arabika dan Robusta, jadi wajar aja kita nggak kenal. Kayaknya jenis-jenis kopi sultan nih, curiga.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿˆโ€โฌ›.๊’ท โ€” Selanjutnya ada Excelsa. Hampir setara Liberika, dia punya kafein sedang, rasa asam yang kompleks, digunakan sebagai campuran dan memberi kedalaman dalam blend. Jadi mungkin penggunaan Excelsa ini lebih ke ngasih depth flavour aja, bukan sebagai bintang utama.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค1
This media is not supported in your browser
VIEW IN TELEGRAM
ใ…ค๐Ÿ”ค๐Ž๐…๐…๐„๐„ ๐…๐ˆ๐‘๐’๐“, ๐“๐€๐‹๐Š ๐‹๐€๐“๐„๐‘ โ˜•๏ธ

   โŸฎ ๐’๐‚๐Ž๐‘๐๐„๐‹๐‹๐ˆ๐”๐’ ๐๐Ž๐ƒ๐‚๐€๐’๐“๐€๐“๐ˆ๐Ž๐ โŸฏ
ใ€ˆ โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” GESTARA SPEAKING โงฝ

ใ…ค
โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Eits, tapi bukan cuma itu aja Heine! Tadi kita juga sempat bahas Arabika dan Robusta, kan? Kamu tau gaa? Ternyata Arabika punya beberapa jenis biji kopi turunan loh, seperti Typica, Bourbon, Geisha, Caturra dan Catimor. Tapi hari ini kita nggak bahas itu dulu si, hehe.

โ‹ฎ โŒ—๐Ÿฆ‹.๊’ท โ€” Terus, buat yang bertanya-tanya soal, "Apa sih bedanya Arabika sama Robusta?" Jadi, perbandingan utamanya terletak pada rasa dan kadar kafein. Arabika lebih kompleks dan ringan. Robusta lebih pahit dan kuat. Pemilihan tergantung preferensi dan kebutuhan pasar. Kalau emang suka kopi, robusta bisa jadi pilihan tepat. Tapi kalau kurang suka atau masih coba-coba as coffee enthu awal-awal, dimulai dari arabika dulu ya.
Please open Telegram to view this post
VIEW IN TELEGRAM
โค2